Oleh : NOVI KURNIA WAHIDAH, S.Pd
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 TENGGARANG
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Masalah dalam penelitian iniadalah rendahnya motivasi dan hasil belajar materi perbandingan siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Tenggarang Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi siswa menunjukkan perolehan pada kondisi awal hanya 11 siswa atau 36,67%, pada siklus I naik menjadi 21 siswa atau 70,00%, dan pada siklus II menjadi 30 siswa atau 100%. Peningkatan motivasi belajar siswa berdampak positif pada meningkatnya hasil belajar siswa, yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata yang dicapai sebesar 56,67, pada siklus I menjadi 67,67, dan pada siklus II menjadi 78,00, dengan jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada kondisi awal sebanyak 8 siswa (26,67%) pada siklus I menjadi 19 siswa (63,33%), dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa (90,00%).
Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Tenggarang Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.