Lahirkan 12 Pramuka Garuda ESPARA dalam Pengukuhan Pramuka Garuda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bondowoso Tahun 2022

| | 0 Comments| 04:42
Categories:

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (SiagaPenggalangPenegakPandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Pramuka Garuda adalah sebuah perjuangan. Menjadi seorang pramuka garuda bukanlah hal yang mudah, selain seleksi administrasi (pemberkasan) anggota pramuka juga wajib menyelesaikan seluruh point-point yang tertera dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) pada jenjang pramuka yang sedang dijalani. Anggota pramuka tersebut juga akan diuji oleh tim verifikator baik di tingkat Kwartir Ranting dan juga Kwartir Cabang. Tentunya dengan point ujian yang berbeda. Mengingat proses menjadi seorang Pramuka Garuda yang begitu panjang dan sulit, menjadikan seorang yang telah lulus dan berhasil memiliki kebanggaan tersendiri.

Sebelum Pengukuhan, Pramuka Penggalang dari SMPN 2 Tenggarang, melalui beberapa tahap. Tahap pertama mengikuti verivikasi di SMAN 3 Bondowoso pada tanggal 25 Desember 2022 dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai. Mereka bersama peserta dari sekolah lain mengikuti ujian. Beberapa sekolah yang mengikuti antara lain SMPN 2 Tenggarang, SMPN 2 Maesan, MTsN 2 Bondowoso, SMPN 1 Tegalampel dan SMPN 1 Bondowoso.

Peserta yang lulus seleksi pertama, mengikuti ujian lanjutan bidang SKK Pramuka Garuda Golongan Penggalang, di Kantor Kwarcab Bondowoso. Dilaksanakan pada hari Rabu 27 Desember 2022 dari jam 07.00 WIB s.d selesai.


Pramuka Penggalang Espara yang mengikuti Ujian antara lain
1.       Agustina Nawang Wulan
2.       Gavrila Regina Azalia
3.      Deev Abdullah Zimraan
4.       Rei Chika Novela Firdaus
5.       Satria Lazyimul Abror
6.       Devi Ariska
7.       Dwi Noviandini Nirmalasari
8.       Cindy Aulia Azzahra
9.       Vindi Fitrih Ramadani
10.   Rafael Aldiansyah Putra
11.   Dzaki Aurianto
12.   Aulia Aini Salsabila


Alhamdulillah 12 Peserta Pramuka Penggalang dari SMPN 2 Tenggarang dinyatakan LULUS dan di undang untuk mengikuti Pengukuhan Pramuka Golongan Penggalang dan Golongan Penegak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bondowoso Tahun 2022 di Wisma Wakil Bupati Bondowoso, pada Kamis 29 Desember 2022.

Dalam pengukuhan Pramuka Garuda Penggalang mendapatkan mendali berwarna merah dengan pita dengan warna pinggiran putih dan warna garis tebal di tengah merah, di ujung pita terdapat medali yang terbuat dari metal berbentuk segi lima bergambarkan Burung Garuda yang memiliki tunas kelapa di dadanya, dan memegang pita bertuliskan: “SETIA, SIAP, SEDIA” yang menggambarkan sikap yang dimiliki setiap Pramuka Garuda.

Pada acara Pengukuhan, selain di hadiri Kepala Sekolah SMPN 2 Tenggarang, juga dihadiri oleh orang tua. 12 Pramuka Garuda ini menjadi kebanggaan bagi orang tua dan seluruh warga sekolah. Selamat dan Sukses untuk Pramuka Garuda SMPN 2 Tenggarang, kami Bangga dengan prestasimu dan semoga menjadi contoh yang baik bagi pasukan penggalang di sekolah, rumah, maupun lingkungan pergaulannya sesuai Trisatya dan Dasadarma.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pramuka_Garuda

Penulis : Devi Ariska dan Selfriyanti Qamariyah, S.Psi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *