SEJARAH SINGKAT SMPN 2 TENGGARANG

SMP Negeri 2 Tenggarang merupakan sebuah Unit Sekolah Baru (USB) yang berdiri pada tahun pelajaran 2003/2004, tepatnya pada tanggal 25 Februari 2003. Sekolah ini dibangun oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Peningkatan Mutu Pendidikan melalui program Block Grant kepada sekolah dan melibatkan partisipasi masyarakat sekitar sekolah. Bupati Bondowoso Bapak  DR. H. Mashoed, M.Si menyambut baik program pembangunan USB yang dilaksanakaan di lingkungan kabupaten Bondowoso.

            SMP negeri 2 Tenggarang berdiri di atas tanah seluas 7.900 m2 yang menjadi milik pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso di bawah naungan Dinas Pendidikan Nasional yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak Drs. H. Suroso, M.Pd.

            Pelaksana tugas (Plt) di SMP negeri 2 Tenggarang adalah Drs. Johan Effendi, M.Si bekerjasama dengan Forum Komite yang diketuai oleh lurah Tenggarang yaitu Bapak Totok Sudarto.

            Di awal PPDB SMP Negeri 2 Tenggarang yang selanjutnya disingkat menjadi Espara sudah melebihi pagu yang ditetapkan, yang seharusnya 2 rombel tetapi mampu mencapai dan menerima 4 rombel dengan jumlah siswa 149 siswa. Di awal tahun pelajaran tepatnya ketika semester gasal untuk melaksanakan pembelajaran sekolah ini masih menumpang di gedung SMA Negeri 3 Bondowoso dan dilaksanakan pada sore hari, hal ini berlangsung selama 1 semester.

            Sekolah yang memiliki motto/ visi “menjunjung pretasi dan prestise” ini dibina dan dibimbing tenaga pendidik sebanyak 27 orang dan tenaga admisnistrasi sejumlah 11 orang yang dipimpin Bapak Ahmad Yulianto, SH. Selama kepemimpinan Bapak Drs. Johan Effendi, M.Si. (2003 – 2007) Espara mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan empat USB lainnya yang dibangun bersama Espara. Baik dari segi penerimaan siswa, sarana dan prasarana, tenaga pendidik, maupun dalam hal prestasi yang diperoleh siswa dan sekolah dalam mengikuti kompetisi akademik maupun nonakademik. Tidak heran bila Espara memperoleh penghargaan sebagai USB terbaik dan terpesat perkembangannya.

            Periode tahun 2007 – 2019 Espara dipimpin oleh Bapak Drs. Muchsin, M.Pd. mengalami kemajuan yang sangat signifikan utamanya program Kelas Tahfidz yaitu kelas yang siswanya diusahakan mampu menghafal Alquran. Adanya pembiasaan salat duha dan duhur berjamaah di mushola As-Sabil.

            Periode tahun 2019 – 2021 Espara dipimpin oleh Bapak Sarbini, S.Pd.I. selama periode ini pandemi corona melanda sehingga pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sekolah fokus pada mencari dan menentukan formula yang tepat untuk pelaksanaan pembelajaran agar siswa tetap terkendali walaupun belajar secara online.             Perode tahun 2021 – sekarang SMP Negeri 2 Tenggarang dipimpin oleh Bapak Suyitno, S.Pd. lebih meningkatkan mutu tenaga pendidik baik secaraadministrasi maupun praktik. Mengelola sarana dan prasarana di lingkungan sekolah secara maksimal sehingga mampu bermanfaat bagi seluruh civitas Espara.

Drs. MUCHSIN,M.Pd.

Periode 2007 – 2019

SARBINI, S.Pd.

Periode 2019 – 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.