KIPRAH DWP ESPARA SEBAGAI ORGANISASI PENDAMPING SUAMI

| | 0 Comments| 20:20
Categories:

Dharma Wanita Persatuan sebagai organisasi yang beranggotakan istri Aparatur Sipil Negara yang memiliki visi dan misi mengembangkan SDM Dharma Wanita Persatuan yang berkualitas dan berwawasan global, menyejahterakan anggota, keluarga dan masyarakat melalui bidang pendidikan, bidang ekonomi, dan bidang sosial budaya secara demokratis. Meningkatkan kerja sama multipihak dalam pelaksanaan program kerja.

Dharma Wanita Persatuan di SMP Negeri 2 Tenggarang didirikan pada tahun 2004 atau tepatnya tahun pelajaran pertama semester genap sejak sekolah ini berdiri yang diprakarsai oleh Ibu Iin Rachmah Safaatin selaku istri Bapak Drs. Johan Effendi, M.Si. kepala sekolah pertama SMP Negeri 2 Tenggarang.

Program kerja Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 2 Tenggarang secara garis besar ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan mutu/kualitas kehidupan baik melalui peningkatan ilmu pengetahuan maupun keterampilan dan sikap mental para anggotanya.

Program Kerja dalam bidang pendidikan yang sudah dilaksanakan antara lain:

·         Meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta memperluas wawasan anggota melalui kegiatan kursus dan pelatihan keterampilan yaitu Keterampilan membuat keset pom-pom dari benang siet, membuat gantungan bunga dari kaos bekas pakai, membuat taplak meja dengan teknik smock, membuat bros dengan teknis espresso, membuat hiasan toples dengan kain perca, Pelatihan make up minimalis, pelatihan menjadi pembawa acara (MC), pelatihan menjadi dirigen.

·         Memberikan informasi yang bermanfaat dalam setiap pertemuan (informasi pembuatan masakan, tips-tips khusus) yaitu tips membuat masker dan penghilang bau dari bubuk kopi, Informasi cara membuat kue basah dan makanan minuman sehat untuk keluarga, Informasi parenting

·         Memberikan penyuluhan-penyuluhan dengan bekerja sama dengan instansi terkait.

Penyuluhan kesehatan bekerja sama dengan MCI, Imunisasi campak Rubella bekerja sama dengan puskesmas Tenggarang, Informasi tentang Menyikapi Maraknya LGBT,

·         Mengadakan lomba-lomba untuk memacu peningkatan kreativitas anggota dan keluarga

 

Lomba pada peringatan HUT RI, Mengikuti Outbond yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan, Lomba pada peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan dan lomba yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan, diantaranya mengikuti JJS (Jalan-Jalan Sehat) dan berhasil memboyong hadiah utama berupa sebuah kulkas, mengikuti lomba Paduan Suara, Lomba membuat minuman herbal,  Melaksanakan outbond ke tempat-tempat wisata sekaligus rekreasi di Pantai Pasir Putih.

Sedangkan program kerja Bidang Ekonomi secara umum mempunyai tujuan  untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggota melalui usaha yang dilaksanakan oleh bidang ekonomi serta mengusahakan dana untuk kepentingan organisasi. Adapun program kerjanya adalah melaksanakan kegiatan usaha secara professional untuk memperoleh dana guna menunjang kelancaran organisasi. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain:

·         Melaksanakan kegiatan untuk usaha secara profesional memperoleh  dana guna menunjang kelancaran organisasi yaitu menyediakan seragam kerja dan atribut Dharma Wanita Persatuan, meningkatkan pengelolaan penjualan, mengadakan bazar setiap ada pertemuan anggota, menjual lotre barang.

Program Kerja Bidang Sosial Budaya yang dilaksanakan di Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 2 Tenggarang kegiatannya meliputi:

·         Program kerja meningkatkan kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap

Sesame yaitu Menjenguk anggota / keluarga yang sakit/melahirkan, Bertakziah kepada anggota / keluarga yang meninggal.

·         Program Kerja Meningkatkan wawasan dan kreativitas anggota yaitu Menyelenggarakan lomba- lomba intern bekerja sama dengan bidang pendidikan

·         Program Kerja Menumbuhkan kesadaran tentang kesehatan jasmani dan rohani serta  kesehatan lingkungan dengan Menyelenggarakan kegiatan olah raga, Penyuluhan penyakit kewanitaan dari Puskesmas

·         Program Kerja Meningkatkan kepedulian kesetiakawanan sosial dan  lingkungan hidup dengan kegiatan Menyelenggarakan bakti social, Mengunjungi Panti Jompo bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, menyantuni anak yatim di beberapa yayasan.

·         Program kerja meningkatkan pemahaman nilai wawasan keanekaragaman

Budaya Menyelenggarakan kegiatan rohani berupa ceramah keagamaan, Ceramah agama peringatan Idul Adha, Ceramah agama peringatan Muharram, Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw dan kegiatan peringatan hari besar agama, mengadakan halal bihalal keluarga besar SMP Negeri 2 Tenggarang.

 

          Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 2 Tenggarang selalu aktif dan kreatif dalam melaksanakan program-program kerja yang sudah dicanangkan sehingga 85% program kerja tersebut dapat terlaksana dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal baik bagi sekolah maupun bagi seluruh anggota DWP khususnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *